Biaya Mutasi Motor

Pada Jaman sekarang ini memiliki kendaraan pribadi sudah menjadi hal yang wajib dimiliki bagi orang-orang dengan mobilitas yang tinggi, baik itu di kota besar hingga daerah terpencil sekalipun.

Jika dibanding dengan kendaraan roda empat, motor lebih banyak dipakai dalam keseharian oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya ketika mengalami kemacetan dijalan, motor bisa melaju lebih cepat dibanding dengan mobil.

Ditambah lagi ada banyak daerah-daerah Indonesia yang hanya bisa dilalui motor seperti gang-gang kecil. Tak heran kalau penjualan motor jauh lebih tinggi dibanding mobil. Baik itu penjualan motor baru maupun bekas.

Gambar Pelayanan Mutasi Motor
birojasaipoel.co.id

Setiap bulan selalu ada motor keluaran terbaru, Namun tidak sedikit pula orang yang lebih memilih untuk membeli motor bekas atau second karena harganya jauh lebih murah.

Motor second atau bekas untuk harga biasanya selisih bisa mencapai setengah dari harga baru sebuah kendaraan bermotor. Tergantung dari fisik dan kesehatan motor bekas yang akan dijual.

Mutasi kendaraan bermotor merupakan hal yang biasa terjadi. Mutasi motor selain fisik kendaraan yang biasanya berpindah lokasi sekaligus merupakan perpindahan lokasi pembayaran pajak kendaraan bermotor namun masih dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), baik antar kabupaten maupun antar provinsi.

Gambar Buku BPKB
otomotif.kompas.com

Terdapat 2 macam proses mutasi diantaranya yaitu proses mutasi pada satu daerah dan proses mutasi lain daerah.

Jika proses mutasi melibatkan 2 daerah samsat dan berbeda provinsi, diperlukan prosedur cabut berkas yang melibatkan Polda setempat.

Banyak orang menganggap bahwa dalam mengurus mutasi kendaraan masih ribet dan harus memakai calo.

Padahal jika mengetahui cara dan prosesnya, maka mengurus mutasi kendaraan sendiri tidak serumit dan sesulit yang dibayangkan tersebut. Selain itu Anda tidak perlu membuang-buang uang untuk membayar biro jasa.

Proses mutasi akan berjalan dengan baik dan cepat jika memahami atau mengetahui cara dan prosesnya, dalam mengurusi mutasi juga diperlukan kesabaran dalam proses mengantri.

Pastikan semua berkas yang dibutuhkan sudah lengkap dan tentu saja anda harus meluangkan waktu yang longgar, karena dibutuhkan waktu ekstra untuk mengantri. Berikut adalah contoh prosedur dan biaya mutasi kendaraan.

Gambar Kantor Samsat Pajak
news.ddtc.co.id

Biaya & Prosedur Cabut Berkas di SAMSAT Kota Asal

NOLOKETKETERANGANBIAYAESTIMASI WAKTU PELAYANAN
1Cek FisikPengambilan Formulir Cek FisikGratis2 menit
Gesek Nomor Mesin dan Rangka dan pengisian FormulirGratis15 menit
2Foto KopiFoto Kopi semua berkas untuk mutasiRp 19.50015 Menit
3Pengesahan Cek FisikPenyetempelan dan pengecekan keaslian nomor rangka dan mesin hasil Gesek rangka dan mesinGratis5 menit
4Cek FiskalPenyerahan Semua Berkas beserta Foto kopian, dan pengisian Formulir yang telah disediakanGratis10 Menit
5Kasirpembayaran Biaya dan Tunggakan pajak kalau adaRp 250.0005 menit
6Cek Fiskalmenunjukkan bukti pembayaran dan pengambilan berkas untuk diserahkan ke loket mutasiGratis2 menit
7Loket MutasiDiarahkan untuk ke Loket MutasiRp 50.000Naik Gojek PP 1,5 jam
8Gudang KI POLDAMenunjukkan Berkas Mutasi dan akan dicarikan arsip Kartu Induk KendaraanRp 10.0005 Menit
9Loket Mutasi Samsat Kota AsalSemua berkas dan Kartun Induk kita serahkan ke loket dan sebagai buktinya kita di kasih surat jalan sekaligus sebagai bukti pengambilan berkas kitaGratis5 menit

Terakhir Proses cabut berkas di Samsat asal selesai dan kita diminta untuk kembali lagi sekitar 2 minggu untuk pengambilan berkas-berkas nya.

Gambar Bukti Mutasi Motor
hanyalewat.id

Biaya & Prosedur Mutasi Masuk SAMSAT Kota Tujuan

 

NOLOKETKETERANGANBIAYAESTIMASI WAKTU
1CEK FisikPengambilan BerkasGratis2 menit
Gesek Nomor Rangka dan Mesin dan pengisian FormulirGratis15 menit
2Foto KopiFoto Kopi semua berkas untuk mutasi masukRp 8.50015 menit
3Loket MutasiPengambilan Formulir, pengisian formulir dan pengembalian FormulirRp 375.00015 Menit
4Loket Mutasikalau berkas sudah lengakap kita akan di kasih Bukti untuk pengambilan BPKB asli di SAMSAT Kota Tujuan dan nomor antrian kasirGratis5 menit
5KasirPembayaran biaya dan BBN dengan rincian3 menit
BBN-KB 1% dari harga perolehan= 1% x Rp 288.000.000,-Rp 2.880.000
PKBRp 4.536.000
PNBP STNKRp 204.400
STNKRp 200.000
PNBP BPKBRp 100.000

Nah itu tadi infomasi mengenai biaya mutasi motor. Usahakan untuk mengurus sendiri mutasi kendaraan anda. Pahamilah alur contoh proses dan biaya mutasi kendaraan di atas, proses pengurusan mutasi kendaraan anda bisa lancar.

Baca Juga: Biaya Ganti Plat

Mengurus mutasi memang tidak dapat jadi seketika. Maka dari itu diperlukan waktu luang dan kesabaran karena harus berpindah dari satu loket ke loket lainnya sebagai prosedur untuk mengurusi proses-proses mutasi kendaraan bermotor.

Namun jika ingin pelayanan lebih maju, sebaiknya mengurus sendiri. hal ini selain lebih murah juga dapat membuat calo-calo hilang dengan sendirinya karena tidak ada lagi yang memakai jasa nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Kampus Binus Bekasi
SELENGKAPNYA

Biaya Kuliah Binus

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti perkuliahan tentu menjadi dambaan semua orang. Bagaimana tidak, dengan menyabet…
Gambar Cabut Gigi
SELENGKAPNYA

Biaya Cabut Gigi

Biasanya gigi yang bermasalah lebih sering terjadi pada anak kecil, selain karena faktor makanan, gigi anak kecil juga…
Gambar Proses MRI di Rumah Sakit
SELENGKAPNYA

Biaya Mri

MRI atau nama lain dari Magnetic Resonance Imaging merupakan suatu alat yang digunakan untuk mendiagnostik tubuh dengan alat…