Biaya Membersihkan Karang Gigi

Menjaga penampilan tentu harus dilakukan agar Anda bisa tampil percaya diri. Menjaga penampilan bisa dilakukan dari beberapa aspek, tidak terkecuali dari hal kecil seperti gigi Anda.

Mungkin banyak orang yang akan menyepelakan kesehatan dan kebersihan gigi. Tapi selain rasa percaya diri yang meningkat, dengan memiliki gigi yang bersih juga bisa menghindarkan Anda dari berbagai masalah gigi.

Salah satu masalah gigi yang paling sering dijumpai adalah karang gigi, jika terus didiamkan itu bisa berbahaya loh. Maka dari itu pada artikel ini kami akan membahas apa itu karang gigi, kapan harus membersihkannya, serta biaya yang diperlukan untuk membersihkan karang gigi.

Apa Sih Karang Gigi Itu?

Gambar Karang Gigi
pixabay.com

Karang gigi merupakan sisa makanan yang didalamnya terdapat bakteri, kemudian sisa makanan tersebut  mengendap dalam gigi hingga terjadi penumpukan plak.

Penumpukan tersebut jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan mengeras hingga terbentuklah karang gigi.

Untuk benar-benar matang menjadi karang gigi, tumpukan plak biasanya membutuhkan waktu sampai 12 hari, namun itu belum pasti karena waktu yang dibutuhkan sebenarnya berbeda pada setiap orang.

Kadar pH air liru pada gigi merupakan salah satu faktor yang menentukan cepat tidaknya pertumbuhan karang gigi. Bagi orang yang kadar pH air liurnya tinggi, maka ia akan semakin cepat terkena karang gigi.

Metode Apa yang digunakan Dokter dalam Membersihkan Karang Gigi?

Gambar Scaling Karang Gigi
cfdentalhygiene.ca

 

Untuk membersihkan karang gigi, dokter akan menggunakan cara yang dalam dunia medis disebut scalling.

Penjabarannya, scalling merupakan proses membersihkan karang gigi menggunakan suatu alat yang disebut ultrasonic scaler.

Alat ultrasonic scaler tersebut akan membersihkan karang gigi dengan sangat detail, mulai dari sela-sela gigi sampai bagian gigi yang paling dalam.

Jadi karang gigi yang keras seperti apapun akan dengan mudah bisa diberishkan menggunakan metode scalling ini.

Kapan Saya Harus Membersihkan Karang Gigi?

Gambar Scaling Karang Gigi Anak
hallosehat.com

Ketika Anda sudah rajin menggosok gigi setiap hari, sudah pasti itu merupakan hal yang bagus. Namun dalam kaitannya dengan karang gigi, menggosok gigi saja tidaklah cukup. Karena karang gigi itu terbentuk pada garis atau di atas gusi Anda, jadi ia menjadi lebih sulit dibersihkan.

Maka dari itu seperti yang metode yang telah dijelaskan diatas, membersihkan karang gigi haruslah dilakukan dengan scalling.

Untuk orang dewasa scalling biasanya dilakukan secara rutin enam bulan sekali. Dokter akan mengecek semua perubahan pada gigi Anda saat pemeriksaan pada enam bulan berikutnya.

Namun khusus untuk kasus karang gigi yang berat, biasanya dokter akan menganjurkan pasien untuk memeriksakan gigi dan melakukan proses scaling tiga bulan sekali.

Sedangkan untuk anak-anak, membersihkan karang gigi dapat dimulai kapanpun saat ia sudah mulai tumbuh gigi. Biasanya karang gigi akan muncul setelah ia memiliki gigi susu yang lengkap, yaitu saat umur enam atau tujuh tahun.

Umumnya pertumbuhan karang gigi pada anak-anak disebabkan oleh faktor makanan yang manis. Dimana makanan manis tersebut tentu memiliki kadar gula yang tinggi.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk segera mungkin memeriksakan buah hati pada dokter gigi pada masa-masa tersebut. Jadi, Anda bisa mengetauhi apakah anak Anda benar-benar membutuhkan scalling atau tidak.

Jika iya, Anda tidak perlu khawatir mengenai resiko yang  mungkin ditimbulkan, karena dokter sudah pasti mengetahui proses yang baik dan dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan gigi anak Anda terlebih dahulu.

Untuk pemeriksaan rutinnya sama seperti orang dewasa, yaitu Anda bisa memeriksakan kesehatan gigi anak selama enam bulan sekali ke dokter.

Kenapa Karang Gigi Harus Di Bersihkan?

Gambar Gingvitis
prodiaohi.co.id

Hal pertama yang akan terlintas ketika memikirkan karang gigi sudah pasti bau mulut dan pemandangan yang tidak bagus.

Yup, jika karang gigi tidak dibersihkan tentu sisa makanan yang menjadi plak didalam rongga mulut akan membusuk dan mengeleuarkan bau tidak sedap.

Kemudian perubahan warna yang timbul akibat karang gigi juga tidak akan mengenakkan untuk dilihat.

Itu bisa dikatakan untuk hal sepelenya, jika dibiarkan terus menerus karang gigi ternyata bisa menyebabkan masalah serius. Seperti gingvitis hingga periodontitis.

Untung gingvitis merupakan masalah yang terjadi pada gusi berupa peradangan, bahkan peradangan yang semakin parah bisa membuat gusi Anda mudah berdarah.

Sedangkan untuk periodontitis merupakan masalah yang timbul jika gingvitis tidak ditangani. Peradangan akan menyebar ke bagian tulang alveolar gigi, yang menyebabkan gigi goyang hingga lepas.

Parahnya, perodontitis yang terjadi secara terus menerus bisa masuk ke dalam kategori penyebab anemia. Bahkan bakteri yang ada pada karang gigi dapat menyebar ke berbagai organ lain seperti jantung.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk Mencegah Tumbuhnya Karang Gigi

Gambar Mencegah Karang Gigi
askthedentist.com

Tentu Anda pernah mendengar pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, begitu juga yang perlu dilakukan pada masalah gigi ini.

1. Memakai Benang Gigi (dental floss)

Karena menyikat gigi saja biasanya belum mencukupi, maka Anda perlu menggunakan benang untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau.

2. Menyikat Gigi Secara Teratur

Memang menyikat gigi saja belumlah cukup untuk membersihkan karang gigi secara total, namun bukan berarti Anda berhenti untuk menyikat gigi.

Justru dengan menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari Anda bisa menghambat pertumbuhan karang gigi. Terlebih jika selalu menyikat gigi setelah makan, maka karang gigi akan sulit untuk tumbuh.

Bahkan karang gigi bisa hilang jika Anda menggunakan metode yang tepat dalam menyikat gigi, seperti menyikat gigi paling tidak selama 2 menit, dan menggunakan sikat gigi yang lembut dan berbulu kecil.

3. Pilihlah Pasta Gigi yang Tepat

Pasta gigi yang ampuh untuk menghilangkan karang gigi adalah pasta gigi yang memiliki kandungan flourida tinggi. Dengan kandungan tersebut gigi Anda bisa terlindungi dari pengeroposan dan kerusakan.

4. Pakailah Obat Kumur Secara Rutin

Berbeda dengan jaman dulu, sekarang sudah banyak produk obat kumur yang bermunculan. Namun Anda perlu memilih obat kumur yang tepat, yaitu pilihlah obat kumur yang mengandung antiseptik.

Kandungan antiseptik tersebut bisa mematikan kuman pada mulut, sehingga Anda perlu untuk melakukan kumur-kumur secara rutin

5. Sebisa Mungkin Tidak Merokok

Kami tau untuk menghentikan merokok itu sulit, namun usahakanlah untuk tidak merokok demi menghindari tumbuhnya karang gigi.

Bagi yang tidak merokok sudah pasti jangan coba-coba untuk merokok. Karena bahan kimia yang ada dialamnya bisa mempercepat pertumbuhan karang gigi di mulut Anda.

6. Perhatikan Pola Konsumsi Anda

Jenis makanan yang paling berpengaruh terhadap tumbuhnnya karang gigi adalah makanan manis. Seperti yang diketahui, makanan manis akan lebih cepat menjadi bakteri jika berada didalam mulut, tentu hal tersebut semakin memicu tumbuhnya karang gigi.

Untuk itu, selain jangan terlalu sering mengonsumsi makanan manis, Anda juga bisa minum air putih lebih banyak setelah makan untuk menetralisirnya.

Berapa Biaya Membersihkan Karang Gigi?

Gambar Membersihkan Karang Gigi
columbia.ab.ca

Sekarang hampir seluruh layanan kesehatan sudah menyediakan fasilitas scalling. Mulai dari puskesmas, rumah sakit, ataupun klinik.

Kabar baiknya, jika Anda termasuk peserta BPJS kesehatan, maka Anda bisa mendapat kesempatan membersihkan karang secara cuma-cuma alias gratis.

Untuk info tambahan, fasilitas scalling gratis yang diberikan oleh klinik atau rumah sakit tergantung dari kelas BPJS yang terdaftar di kartu Anda ya.

Perlu diketahui juga kesempatan membersihkan karang gigi dengan kartu BPJS hanya berlaku satu kali dalam setahun, dan untuk pemeriksaan selanjutnya akan dikenakan biaya yang akan kami berikan kisarannya dibawah.

 

Layanan KesehatanPerikiraan Biaya
BPJS KesehatanRp 0 (gratis 1 tahun sekali)
PuskesmasRp 85.000 – Rp 155.000
Rumah SakitRp 85.000 – Rp 810.000
Klinik (swasta)Rp 250.000 – Rp 815.000

Seperti yang telah dijelaskan biaya membersihkan gigi diatas hanya dapat dijadikan sebagai kisaran saja, tentu untuk biaya yang lebih tepatnya Anda bisa mengunjungi layanan puskesmas, klinik, atau rumah sakit secara langsung.

Kemudian, untuk beberapa rumah sakit saat ini sudah memiliki website resmi yang mungkin didalamnya terdapat rincian mengenai biaya membersihkan gigi. Jadi, Anda tidak perlu keluar rumah dan bisa melihatnya secara online.

Baca Juga : Biaya Cabut Gigi

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan gigi ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Biaya Balik Nama Mobil2
SELENGKAPNYA

Biaya Balik Nama Mobil

Sebagian besar masyarakat kita ketika membeli mobil mungkin akan memilih yang second, tentu bukan tanpa alasan, ketika Anda…
Gambar Operasi Katarak
SELENGKAPNYA

Biaya Operasi Katarak

Seseorang yang memiliki mata normal, lensa matanya berwarna bening dan masih mampu meneruskan cahaya ke retina. Sehingga ia…
Biaya Haji Plus
SELENGKAPNYA

Biaya Haji Plus

Ingin menjalankan rukun iman yang ke 5 (lima)? Ya ibadah haji merupakan rukun iman yang ke lima. Namun…