Biaya Kuliah Binus

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti perkuliahan tentu menjadi dambaan semua orang. Bagaimana tidak, dengan menyabet gelar D3, S1, ataupun S2 tentu wawasan Anda akan bertambah dan memiliki kebanggan tersendiri.

Namun dalam beberapa kasus, seseorang yang ingin kuliah harus memupuskan harapannya karena ia sudah diterima dalam suatu pekerjaan.

Terlebih jika pekerjaannya memiliki jadwal yang sangat padat, tentu ia akan kebingungan jika harus membagi waktu dengan dunia perkuliahan.

Nah, jika Anda mengalami permasalahan tersebut jangan patah semangat terlebih dahulu, karena perkuliahan ternyata bisa dilakukan secara online. Benarkah? tentu! Universitas yang menyediakan hal tersebut bernama Binus.

Profil Universitas Binus

Gambar Kampus Binus Bekasi
jajanbeken.com

Binus merupakan universitas yang sudah berdiri sejak 2001, dengan sebuah program yang bernama Binusmaya, universitas ini menerapkan sistem pembelajaran multi channel learning dengan menggunakan Learning Management System (LMS).

Di dalam Binusmaya tersebut terdapat ribuan konten mata kuliah dan melayani sekitar dua puluh delapan ribu mahasiswa aktif setiap semesternya.

Artinya, mahasiswa Binus akan melakukan kegiatan pembelajaran secara online. Sehingga sangat cocok bagi seorang pekerja, wiraswasta, karyawan, ataupun ibu rumah tangga.

Selain itu, jadwal kuliah yang ditawarkan Binus juga bisa diatur sedemikian rupa oleh Anda sendiri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jadwal kuliah dan jadwal kerja akan bentrok. Sangat fleksibel bukan?

Kemudian Binus sendiri memiliki program kuliah yang bermacam-macam, mulai dari program S1 (dimulai dari SMA), program S1 Extension (dimulai dari D3), serta program S2.

Fasilitas Yang Diberikan Binus

Gambar BULC
karyabule.com

Learning Management System

Merupakan media pendukung kegiatan perkuliahan secara online, diantaranya digunakan untuk diskusi, pengumpulan tugas, kuis, pengambilan materi, dan sebagainya.

Pelayanan Administrasi Secara Online

Selain sistem perkuliahan yang dilakukan secara online, layanan administras Binus juga demikian.

Anda bisa melihat histori nilai, keperluan surat menyurat, pembayaran uang kuliah, dan segala hal yang berurusan dengan administrasi lainnya di menu yang disediakan.

Kartu BINUSIAN Flazz

Kartu ini digunakan sebagai tanda pengenal seseorang yang berada di Binus, baik mahasiswa aktif, alumni, tenaga pengajar, peserta training, hingga karyawan Binus.

Selain itu kartu BINUSIAN Flazz juga bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti perpustakaan, absensi, melacak aktivitas kampus, bahkan bisa digunakan sebagai alat pembayaran dari dalam negeri hingga luar negeri.

Binus Library and Knowledge Center

Perpustakaan Binus merupakan perpustakaan yang bisa diakses secara langsung maupun secara online. Selain itu, perpustakaan ini juga sudah tersedia di setiap kampusnya.

Secara garis besar, Binus Library and Knowledge Center memiliki koleksi cetak (hardfile) lebih dari dari 70.000 eksemplar, koleksi non-cetak (softfile) lebih dari 75.000 eksemplar, koleksi multimedia sebanyak 2.000 eksemplar dan dilengkapi oleh berbagai jurnal internasional.

BINUS SQUARE Hall Of Residence

Ketika melakukan perkuliahan melalui tatap muka, mahasiswa yang sedang berada diluar kota tentu mau tidak mau harus datang ke lokasi kampus terlebih dahulu.

Mengenai hal tersebut Anda tidak perlu khawatir, pasalnya Binus sudah menyediakan hunian yang nyaman, bersih, modern, dan tentunya aman untuk dijadikan tempat Anda menetap sementara.

Selain itu untuk transportasi dari lokasi hunian ke kampus Anda bisa memanfaatkan fasilitas shuttele service, begitu pula sebaliknya.

BINUS University Learning Community (BULC)

Sebagai contoh seorang mahasiswa sedang berada di Palembang, dan ketika itu ada ujian di kampus Jakarta. Maka mahasiswa tidak perlu repot untuk melakukan ujian dan datang ke Jakarta.

Karena di Palembang sudah tersedia BULC yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran, laboratorium, perpustakaan, ruang video conference, dan lainnya.

Tidak hanya bisa diakses oleh mahasiswa Binus, BULC juga terbuka untuk masyarakat di sekitar untuk mengikuti pelatihan ataupun seminar.

Bagaimana Metode Pembelajaran di Binus?

Gambar Metode Pembelajaran Binus
admissions.binus.ac.id

Dalam 9  minggu pertama Binus menerapkan 80% pembelajaran secara online, kemudian di minggu ke 10 dan 11 Binus melakukan review dan ujian melalui tatap muka.

Metode Online

Metode online dilakukan melalui Learning Management System di forum diskusi. Apa saja yang dipelajari didalamnya?

Pemberian Materi Mingguan

Setiap minggunya dosen akan memberikan materi yang paling update, baik dalam bentuk singkatnya berupa file Power Point, dan bentuk yang lebih rinci berupa file Word.

Jika ada materi yang kurang dimengerti oleh mahasiswa, maka ia bisa menanyakannya di forum untuk didiskusikan.

Mengumpulkan Tugas

Mahasiswa mengumpulkan tugas mingguan sesuai deadline yang sudah ditentukan. Tugas sendiri dikumpulkan guna menilai sejauh mana pemahaman mahasiswa terhadap materi yang sudah diberikan.

Berdiskusi di Forum

Dalam suatu pembelajaran pastilah terdapat forum yang digunakan untuk berdiskusi. Binus sendiri menerapkan diskusi dalam bentuk virtual berupa class room dan team room.

Dari namanya saja tentu sudah dapat diketahui, class room merupakan ruang diskusi untuk seluruh anggota kelas untuk membahas perkuliahan.

Sedangkan team room adalah ruang diskusi bagi suatu kelompok mahasiswa untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Nah, melalui kedua forum tersebut dapat disimpulkan mahasiswa dapat bertukar berbagai pemikiran, membahas materi yang belum dimengerti, serta belajar isu-isu yang ada di masyarakat.

Metode Face to Face

Video Conference

Sebenarnya Video Conference  ini masih berbasis online, hanya saja mahasiswa akan bertatap muka dengan dosen dan mahasiswa lain layaknya suasan didalam kelas melalui video call.

Metode ini dlaksanakan secara realtime dan dilakukan sesuai jadwal yang telah disepakati.

Selain bisa diakses melalui laptop, metode Video Conference  juga bisa diakses melalui aplikasi di hp.

Onsite

Adalah pertemuan mahasiswa dengan dosen di kampus Binus, biasanya metode onsite dilaksanakan hanya untuk melakukan review ataupun ujian akhir sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Bagaimana Cara Mendaftar di Binus?

Gambar Cara Mendaftar Binus
onlinelearning.binus.ac.id

1. Langkah pertama Anda bisa mengisi Formulir Pendaftaran mahasiswa baru di web Binus.

2. Setelah itu Anda akan mendapatkan Kode Boking, Surat Perjanjian, dan berbagai forumilir pendukung lainnya (form essay).

3. Langkah ketiga, Anda harus membayar Biaya Formulir Pendaftaran terlebih dahulu sebesar Rp 250.000.

4. Kemudian Anda akan mendapatkan Nomor Pendaftaran.

5. Selanjutnya uploadlah formulir pendukung mahasiswa baru, meliputi : Akte Kelahiran, CV, dan Form Essay.

6. Dalam tahap ke enam, Anda akan melakukan Ujian Saringan Masuk disertai dengan menyerahkan Dokumen-dokumen pendukung sebagai berikut.

  • 2 lembar foto ukuran 3×4 yang terbaru
  • 1 lembar fotokopi KTP
  • 1 lembar fotokopi Akte Kelahiran

7. Setelah itu Anda akan mendapatkan keterangan, apakah akan diterima di Binus (Lulus) atau ditolak oleh Binus (Tidak Lulus).

8. Jika Anda dinyatakan lulus maka langkah selanjutnya adalah Mengisi Formulir Pendaftaran Ulang.

9. Setelahnya Anda bisa melakukan pembayaran Biaya Kuliah Binus (rinciannya akan ada di akhir artikel).

10. Cek Status Pembayaran Anda.

11. Jika sudah Oke, akan diadakan Briefing dan mahasiswa menyerahkan Dokumen seperti, Ijazah, SKHUN yang sudah dilegalisir, beserta Pas Foto.

12. Kemudian Anda akan diberi Paket Jaket Almamater

13. Dan yang terakhir, selamat! Anda sudah bisa mulai Kuliah di Binus Online Learning.

Berapa Biaya Kuliah Binus?

Biaya kuliah di Binus ternyata sangat fleksibel, karena Universitas ini menerapkan sistem modular, dimana mahasiswa dapat memilih jumlah mata kuliah yang akan diambil sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan setelah semester pertama.

Artinya, jika semester kedua sudah berlangsung Anda bisa menentukan biaya kuliahnya sendiri, karena biaya mata kuliah dihitung dari banyaknya mata kuliah yang diambil.

Lalu, berapa rincian biaya kuliah yang dapat diambil?

Biaya Kuliah Semester 1

Program SMA ke S1

 

JurusanJumlah Mata KuliahBiaya DP3Biaya Mata KuliahBiaya BP3Total Biaya
Manajemen4Rp 4.000.000RP 5.000.000Rp 2.000.000Rp 11.000.000
Akuntansi5Rp 4.000.000Rp 6.250.000Rp 2.000.000Rp 12.250.000
Teknik Informatika5Rp 4.000.000Rp 6.250.000Rp 2.000.000Rp 12.250.000
Sistem Informasi5Rp 4.000.000Rp 6.250.000Rp 2.000.000Rp 12.250.000
Teknik Industri6Rp 4.000.000Rp 7.500.000Rp 2.000.000Rp 13.500.000

 

Program D3 ke S1

JurusanJumlah Mata KuliahBiaya DP3Biaya Mata KuliahBiaya BP3Total Biaya
Teknik Informatika5Rp 4.000.000Rp 6.250.000Rp 2.000.000Rp 12.250.000
Akuntansi6Rp 4.000.000Rp 7.500.000Rp 2.000.000Rp 13.500.000
Manajemen6Rp 4.000.000Rp 7.500.000Rp 2.000.000Rp 13.500.000
Sistem Informasi6Rp 4.000.000Rp 7.500.000Rp 2.000.000Rp 13.500.000

 

Biaya Kuliah Semester 2 dan Seterusnya

ProgramTOTAL Jumlah Mata KuliahBiaya PerMata KuliahBiaya BP3Biaya Skripsi
D3 ke S119Rp 1.250.000Rp 2.000.000Rp 3.750.000
SMTA ke S135Rp 1.250.000Rp 2.000.000Rp 3.750.000

 

Jadi tunggu apa lagi? Sukses dalam dunia kerja memang penting, namun jika dibarengi dengan sukses dalam dunia pendidikan bukankah akan jadi luar biasa? Maka kuliah di Binus bisa menjadi jawaban yang tepat untuk  hal tersebut.

Baca Juga : Biaya Kuliah UNDIP

Nah, mungkin cukup sekian artikel mengenai biaya kuliah Binus ini, jika ada suatu kesalahan kami mohon maaf, semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Proses Veneer Gigi Murah
SELENGKAPNYA

Biaya Veneer Gigi

Gigi merupakan suatu aset yang sangat penting untuk kita miliki disamping dapat dipakai untuk mengunyah makanan juga dapat…
Biaya Tes TOEFL Terbaru
SELENGKAPNYA

Biaya Tes TOEFL

Sudah yakin fasih menguasai bahasa inggris logat Amerika? Buktikan dulu dengan mengikuti tes TOEFL yang pastinya jika kamu…