Biaya Kirim JNE

Seiring dengan perkembangan jaman, kini kegiatan jual beli online bukan lagi menjadi hal yang asing. Bagaimana tidak? hanya dengan dengan duduk dirumah, Anda sudah bisa membeli barang yang diinginkan melalui internet.

Tentu sangat praktis bukan? Nah, didalam jual beli online tersebut, tentu  si penjual akan menggunakan jasa kurir untuk mengirimkan barangnya.

Sekarang, jasa kurir sendiri sudah sangat banyak bermunculan, salah satu yang paling populer adalah JNE.

Maka dari itu dalam artikel ini kami akan membahas seperti apa itu JNE, bagaimana cara kirimnya, dan yang terpenting mengenai berapa biaya kirim JNE.

Ternyata Begini Awal Mula JNE Terbentuk

Gambar Sejarah JNE
jne.co.id

Kami yakin hampir seluruh orang sudah pernah mendengar jasa kurir JNE ini. Namun, apakah Anda sudah mengetahui JNE itu singkatan dari apa?

Ternyata, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE ini berdiri pada tanggal 26  November 1990.

Awalnya JNE memfokuskan kegiatannya untuk kegiatan impor barang, dokumen, sekaligus pengantarnya dari luar negeri ke Indonesia.

Bahkan tercatat pada tahun 1991 JNE menggabungkan diri sebagai anggota perusahaan kurir di Asia atau ACCA.

Nah, barulah pada tahun 1993 – 1994 JNE membangun jaringan dan membuka beberapa di dalam negeri.

Hingga sampai pada saat ini JNE sudah berhasil melebarkan sayapnya didunia perkuriran dengan cara terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kita.

Hal tersebut tentu sejalan dengan visi misi JNE, yaitu menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia, serta memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

Apa Saja Produk dari JNE?

Gambar Produk dan Layanan JNE
jne.co.id

Aplikasi My JNE

Merupakan aplikasi yang diciptakan untuk pengguna JNE agar semakin mudah dalam mengakses tarif pengiriman, status pengiriman, mengecek lokasi JNE terdekat, dan lain-lain.

JNE Loyalty Card (JLC)

Loyalty Card ini merupakan produk dari JNE yang berupa kartu keanggotan bagi pelanggan setianya.

Dengan memiliki JLC tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan, sepeti layanan yang lebih cepat, mendapatkan potongan harga pada periode tertentu, dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah undian.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menukar poin dengan sejumlah hadiah menarik atau diskon. Poin tersebut bisa didapat setiap Anda melakukan transaksi minmal 25 ribu.

Nah, jika Anda tertarik dengan program Lolalty Card tersebut, Anda bisa mendaftarnya secara gratis dengan cara mengisi formulir secara online di website mereka (jlc.jne.co.id).

Selain gratis biaya pendaftaran, Anda juga tidak akan dikenakan biaya bulanan

Lalu, Apa Saja Sih Layanan dari JNE?

Gambar Produk dan Layanan JNE2
jne.co.id

Mungkin Anda hanya mengenal JNE dari 3 jenis layanannya saja, yaitu yang paling populer JNE YES, REG, dan OKE.

Namun, ternyata produk dan layanan dari JNE sangat beragam, apa saja itu? ini dia ulasannya.

Super Speed

Bisa dibilang, JNE Super Speed merupakan layanan kirim paket dari JNE yang paling cepat.

Bagaimana tidak? JNE Super Speed hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam untuk mengirim paket.

Jadi, jika Anda diumpamakan sebagai penerima paket, maka Anda akan menerima kiriman pada hari itu juga. Sangat cepat bukan ? pas sesuai namanya.

Bahkan, pelanggan juga bisa melakukan permintaan waktu khusus  kepada pihak JNE.

Kemudian apabila paket yang dikirim ternyata melampaui batas waktu yang telah disepakati atau lebih dari 24 jam, maka pelanggan akan mendapatkan garansi uang kembali.

Pesona (Pesanan Oleh-oleh Nusantara)

Seumpama Anda sedang meninginkan makanan khas dari kota Purwokerto, sementara Anda sedang berada di kota Surabaya.

Maka, cara yang paling tepat dan tidak merepotkan adalah menggunakan layanan JNE Pesona ini.

Tidak perlu takut makanannya basi ya, karena makanan khas yang akan dikirimkan ke tempat Anda dibuat sendiri oleh pihak JNE.

Bagaimana megenai rasanya? tidak perlu khawatir, layanan Pesona ini sudah melakukan seleksi kelayakan dan uji coba selama hampir satu tahun mengenai makanan yang mereka buat.

YES (Yakin Esok Sampai)

Seperti namanya, jika Anda mengirim paket menggunakan layanan YES pada hari ini, maka paket tersebut akan sampai pada hari esoknya. Tak terkecuali hari minggu ataupun hari libur nasional.

Sama seperti layanan Super Cepat, jika layanan YES ini mengalami keterlambatan, maka Anda juga akan mendapat garansi uang kembali.

Kerennya, paket yang dikirim menggunakan YES ini bisa dilacak melalui website JNE. Jadi Anda bisa mengetahui sudah sampai mana paket tersebut.

Reguler

Layanan Reguler ini membutuhkan waktu 1 – 7 hari dalam mengirim paket Anda, faktor utama yang mempengaruhi lamanya waktu pengiriman tersebut adalah lokasi tujuannya.

Kemudian paket dengan layanan Reguler ini bisa dilacak melalui website resmi JNE, selain itu jika paket terlambat datang ke rumah tujuan, maka akan dilakukan pengembalian uang.

OKE

Bisa dibilang layanan OKE adalah layananan yang servicenya membutuhkan waktu pengiriman lebih lama dari layanan Reguler.

Kemudian lamanya pengiriman layanan OKE juga dipengaruhi oleh zona daerah tujuannya, mungkin saja jika medannya sulit akan mebutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama.

JESIKA

Bisa dibilang JESIKA ini merupakan layanan dari JNE yang unik, inovatif, dan mungkin Anda belum pernah menduga sebelumnya.

JESIKA atau singkatan dari “Jemput ASI Seketika” ini merupakan layanan yang dikhususkan bagi Ibu-ibu menyusui.

Dimana, kebanyakan Ibu-ibu menyusui sekarang terlalu disibukkan dengan berbagai aktivitas, sehingga ia tidak memiliki waktu untuk menyusui anaknya.

Nah, dengan layanan JESIKA ini, ASI dari Ibu menyusui akan dijemput dari tempat mereka melakukan aktivitas untuk diantarkan ke tempat Anaknya.

JESIKA sendiri memiliki hari kerja dari Senin – Jumat, dan baru melayani untuk wilayah Jabodetabek saja.

Kemudian maksimal jumlah per pengirimannya adalah 5 botol ASI. Jika botol tersebut pecah, maka akan ada kompensasi berupa gratis pengiriman di hari berikutnya.

Money Remittance

Jika Anda hendak mengirim uang namun tidak memiliki rekening, maka Money Remittance dari JNE ini sangat cocok untuk digunakan.

Pasalnya, dengan menggunakan Money Remittance ini Anda hanya perlu memberikan nomor PIN rahasia ke penerima untuk dapat melakukan transaksi, begitu juga sebaliknya.

Mengenai keamanannya Anda tidak perlu khawatir, pasalnya Money Remittance ini sudah tergabung dalam perusahaan pengiriman uang kelas dunia,  Western Union.

JNE Pick-Up Pont (JNE PIPO)

Apakah Anda pernah mengalami saat kurir datang ke rumah namun Anda malah sedang berada di luar?

Jika pernah mengalami, maka pihak JNE sudah memberikan solusi mengenai hal tersebut, terlebih lagi bagi Anda yang memiliki kesibukkan tinggi dan jarang berada di rumah.

Dengan menggunakan JNE PIPO Anda bisa langsung menjemput kiriman paket di kantor cabang JNE terdekat.

Caranya mudah saja, Anda hanya perlu mengisi data penerima dan memberikan nomer resi kepada petugas, maka paket sudah bisa diterima.

JNE @BOX

Jika Anda tidak terlalu lihai dalam mengemas paket yang hendak dikirim, Anda bisa menggunakan layanan JNE @BOX untuk membantu Anda mengemas paket tersebut.

Disertai dengan bubblepack wrapping Anda tidak perlu khawatir mengenai keamaan paket barang pecah belah atau elektronik yang hendak dikirim, dijamin aman sampai tujuan.

Diplomat

Merupakan layanan dari JNE yang dikhususkan untuk pengiriman dokumen bernilai tinggi.

Karena dokumen yang sangat penting tersebut, maka pihak kurir akan sangat mengutamakan tingkat keamanan dan kecepatan pengirimannya.

JNE Online Payment (JOP)

Merupakan terobosan dari pihak JNE untuk memudahkan  masyarakat dalam melakukan pemesenanan, pembelian atau pembayaran untuk tiket, tagihan PLN, Speedy, dan lain-lain.

JNE Online Booking (JOB)

Jika Anda tidak mau mengantri lama pada saat mengisi resi pengiriman secara manual, maka Anda bisa menggunakan layanan JOB untuk mendapatkan kode booking secara online.

JNE Trucking (JTR)

Dikhususkan bagi masyarakat yang hendak mengirimkan paket dalam jumlah besar (minimal 10 kg).

Paket tersebut akan dikirimkan melalui darat ataupun laut menggunakan armada truk.

JNE International

Yup, seperti namanya JNE International ini merupakan layanan dari JNE untuk mengirimkan paket ke luar negeri.

Ketentuan yang diterapkan pihak JNE dalam mengirimkan paket ke luar negeri yaitu lamanya waktu pengiriman tergantung dari zona negara, dan dapat dikenakan biaya tambahan dalam kondisi tertentu.

 

Berapa Biaya Kirim JNE?

Gambar Contoh Biaya Kirim JNE
Contoh Biaya Kirim JNE

Mengenai besaran biaya kirim JNE yang harus dikeluarkan, akan ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, mulai dari jenis layanan yang digunakan, jarak dengan tempat tujuan, serta berat dan ringannya paket.

Lantas bagaimana cara mengecek biaya kirim JNE tersebut? berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama silahkan masuk ke website resmi JNE (www.jne.co.id) atau intall aplikasi My JNE di Android Anda.
  2. Pada menu Tarif Kiriman, silahkan masukkan Origin (alamat pengirim) dan Destination (alamat penerima).
  3. Setelah itu, isi juga seberapa besar paket yang akan dikirim.
  4. Jika sudah langsung saja klik Check.
  5. Selesai, maka biaya kirim JNE untuk paket Anda akan muncul disitu.

Bagaimana mudah bukan? perlu diketahui, jenis layanan JNE yang tersedia untuk tiap-tiap kotanya berbeda ya, ada yang sudah mendukung semua jenis layanan dan ada juga yang belum.

Baca Juga : Biaya Transfer Antar Bank

Oke, cukup sekian dulu artike kali ini ya, semoga bisa bemanfaat untuk Anda, sekian dan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Logo Universitas Gunadarma
SELENGKAPNYA

Biaya Kuliah Gunadarma

Mengingat jumlah perguruan tinggi yang sangat banyak, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan tentu akan…
Biaya Balik Nama
SELENGKAPNYA

Biaya Balik Nama

Ketika Anda membeli barang second yang memiliki pajak seperti motor, mobil, atau rumah, tentu mau tidak mau harus…
Biaya Cuci Darah
SELENGKAPNYA

Biaya Cuci Darah

Gagal Ginjal Merupakan salah satu penyumbang kematian cukup banyak di Indonesia. Bagi mereka yang divonis mengidap sakit gagal…