Biaya CT Scan

Takut terkena penyakit yang berbahaya tanpa sepengetahuan kita ? Kamu harus coba CT scan agar semua problem yang ada ditubih kamu bisa di diagnosa oleh tim dokter yang ahli.

CT (computed tomography) Scan merupakan pemeriksaan medis lanjutan yang biasanya dilakukan untuk membantu dokter mengetahui kondisi kesehatan pasien.

Prosedur medis ini dilakukan dengan menggunakan teknologi yang canggih.

Sebelum kamu melakukan pemeriksaan CT Scan, alangkah baiknya kamu cari tahu dulu beberapa hal yang harus kamu siapkan.

Biaya CT Scan Terbaru
Pixabay.com

Computerized tomography adalah sebuah teknologi dalam kedokteran yang sudah dikenal sejak sekitar awal tahun 1970 an.

Sejak kemunculannya, CT scan menjadi alat pemindaian penting dalam dunia medis.

Cara kerja CT scan bekerja dengan cara menggabungkan serangkaian pemindai X-Ray yang diambil dari jumlah sudut yang berbeda-beda.

Kemudian, hasil pemindaian tersebut akan diproses oleh komputer agar dapat menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak yang ada dalam tubuh.

Alat CT scan berupa mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar seperti terowongan yang cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring.

Alat ini bisa berfungsi sebagai mendiagnosis dan memonitor dari beragam kondisi kesehatan yang ada.

Pemeriksaan CT Scan kepala merupakan salah satu pemeriksaan yang kerap dianjurkan oleh dokter untuk mengetahui kondisi atau penyakit di dalam kepala kita, yang terdiri dari tulang tengkorak, pembuluh darah, cairan otak, otak, dan batang otak.

Dokter biasanya meminta kamu untuk melakukan pemeriksaan CT scan untuk:

  1. Mencari tahu ada tidaknya masalah pada tulang dan sendi kamu. Dengan dilakukannya tahap pemeriksaan ini, dokter bisa mendeteksi adanya patah tulang atau tumor di tulang.
  2. Mendeteksi tumor, penggumpalan darah, kelebihan cairan, dan infeksi.
  3. Jika kamu mengalami suatu kondisi kesehatan khusus seperti kanker, penyakit jantung, atau gangguan fungsi hati, maka dokter menggunakan pemeriksaan ini untuk melihat perkembangan penyakit yang kamu derita.
  4. Menunjukkan letak cedera internal dan perdarahan akibat kecelakan atau benturan keras.
    Memandu rencana dan prosedur perawatan, seperti biopsi, operasi, dan terapi radiasi.
  5. Melihat perkembangan pengobatan yang sudah dilakukan pasien. Contohnya, ketika melihat respon kemoterapi atau terapi radiasi yang dilakukan kepada pasien kanker.

Jika kamu telah terdaftar dalam program JKN-KIS (BPJS Kesehatan) maka biaya ct scan akan ditanggung BPJS.

Dengan catatan, peserta memenuhi syarat dan mengikuti prosedur yang berlaku. Maka tindakan CT Scan ini adalah tindakan yang dilakukan atas indikasi medis yang jelas dan telah ditetapkan oleh Dokter ahli.

Tetapi, biaya yang harus ditanggung untuk CT Scan itu tidak sepenuhnya, terdapat standarisasi biaya yang ditanggung. Tergantung pada jenis kelas peserta, tipe rumah sakit, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya tentang berapa biaya yang akan ditanggung bpjs dapat kamu tanyakan langsung kepada petugas BPJS.

Larangan Pemeriksaan CT Scan

Larangan Pemeriksaan CT Scan
LimfoUzel.ru

Pemeriksaan CT Scan tidak bisa di terapkan atau dijalani oleh setiap orang, hal ini disebabkan paparan sinar X yang diberikan saat proses pemeriksaan bisa menyebabkan gangguan pada system organ tubuh tertentu.

Oleh sebab itu, sebaiknya pasien anak-anak atau ibu hamil tidak melakukan pemeriksaan ini. Pasien anak cenderung rentan dengan sinar X sebab tubuh mereka masih dalam proses pertumbuhan.

Begitu pun pada ibu hamil yang perlu menjaga pertumbuhan janin. Pemeriksaan CT Scan sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu pada dokter kamu dan harus melalui persetujuan dokter.

Daftar Biaya CT Scan

Proses Pemeriksaan CT Scan
Pixabay.com
Pemeriksaan CT ScanBiaya
ThoraksRp 990.000
LumbalRp 890.000
KepalaRp 690.000
Abdomen AtasRp 990.000
Abdomen BawahRp 990.000
Kepala + KontrasRp 1.290.000
Abdomen Atas + BawahRp 1.690.000
Abdomen Atas + KontrasRp 2.090.000
Abdomen Bawah + KontrasRp 2.090.000
Abdomen Atas + Bawah + KontrasRp 2.090.000
CT UrologiRp 3.790.000
CT Angio KepalaRp 3.790.000
CT Angio ThoracoRp 4.900.000
CT Angio FemoralisRp 4.775.000
CT Angio AbdomenRp 4.075.000
CT Angio Circum w/cRp 2.775.000
CT Angio Thoraco + AbdomenRp 4.775.000

Harga diatas merupakan harga kisaran, sehingga dapat berubah baik berkurang atau lebih mahal. Hal tersebut tergantung pada wilayah dan juga rumah sakit ditempatmu.

Hampir sama seperti rontgen, CT scan menggunakan sinar X yang berguna untuk membaca organ tubuh kamu. Maka pemeriksaan ini memang sebaiknya tak dilakukan oleh ibu hamil maupun bayi.

Pasalnya, sinar X dapat memengaruhi perkembangan serta pertumbuhan bayi dan janin.

Apabila kamu sedang tidak dalam kondisi hamil, pemeriksaan ini aman untuk dilakukan. Kamu tak perlu khawatir dengan paparan sinar X yang kamu terima saat pemeriksaan dilakukan.

Radiasi yang dikeluarkan sinar X tersebut sudah diatur dosisnya, sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan kamu.

Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa prosedur pemeriksaan ini meningkatkan risiko kanker dan dapat merusak DNA. Tetapi, resiko ini sangat kecil terjadi, sehingga kemungkinannya hanya 1 : 2.000 kasus.

Baca Juga: Biaya Operasi Usus Buntu

CT Scan masih dianggap sebagai pemeriksaan yang cukup aman dan bisa membantu dokter dalam mengevaluasi atau mendiagnosa kondisi para pasiennya.

Namun memang pada beberapa kasus, CT scan dapat menimbulkan alergi akibat suntikan obat yang diberikan sebelum melakukan pemeriksaan. Tetapi tenang saja, efek samping tersebut jarang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Buku BPKB
SELENGKAPNYA

Biaya Mutasi Motor

Pada Jaman sekarang ini memiliki kendaraan pribadi sudah menjadi hal yang wajib dimiliki bagi orang-orang dengan mobilitas yang…
Gambar Biaya Listrik per kWh
SELENGKAPNYA

Biaya Listrik per kWh

Hampir semua kebutuhan memerlukan pasokan listrik seperti dirumah tangga, industri, dan lini bidang usaha lainnya baik micro kecil…