Harga Gitar Akustik: Berapa Biayanya?

gitar-akustik-terbaik

Ada kisaran harga yang luas di mana gitar akustik jatuh. Bagi kebanyakan gitaris yang berbelanja alat musik, ini cenderung terbagi dalam tiga kategori utama:

Harga Gitar Akustik Untuk Pemula dan Pelajar

Mereka yang masih cukup baru mengenal gitar harus membayar antara lebih dari Rp1,5 juta dan Rp7 juta untuk instrumen mereka, tergantung pada nama merek, kualitas bahan dan pengerjaan, dan aksesori yang disertakan.

Bahkan di ujung bawah kisaran itu, gitar harus menyertakan kayu berkualitas seperti spruce dan rosewood. Mereka harus dibuat dengan rapi agar nyaman untuk dimainkan dan memiliki penampilan yang menyenangkan. Ini juga memungkinkan untuk meningkatkan komponen gitar seperti mur, sadel, dan pasak tuning.

Kayu yang lebih halus, sentuhan dekoratif yang lebih rumit seperti penjilidan multi-layer, dan roda gigi penyetelan tingkat tinggi akan mulai muncul pada gitar dengan harga Rp4,5 juta hingga Rp7 juta. Beberapa gitar pada titik harga ini bahkan termasuk elektronik onboard.

Paket Gitar Akustik

harga-gitar-terbaik

Khusus untuk pemula, paket gitar akustik bisa menjadi investasi yang bijak. Paket sering kali termasuk picks, case atau gig bag, straps, strings, dan bahkan tuner. Dengan demikian, pemain sepenuhnya diperlengkapi untuk belajar gitar tanpa harus menentukan apa lagi yang mungkin mereka butuhkan.

Kisaran Harga Gitar Tingkat Menengah

Pindah ke kisaran Rp7 juta – Rp20 juta, perubahannya lebih halus, tetapi penting saat pemain mengembangkan teknik mereka. Perhatian yang cermat diberikan pada pemilihan jenis kayu dan lebih banyak pekerjaan tangan dilakukan pada konstruksi gitar.

Elektronik onboard sudah tersedia dalam kisaran harga ini dan mungkin menawarkan komponen tambahan seperti equalizer, sistem pickup campuran, dan bahkan efek bawaan.

Salah satu fitur yang sangat berguna bagi pemain gitar saat keterampilan mereka meningkat adalah bentuk tubuh yang cutaway. Ini memberikan akses yang lebih mudah ke fret yang lebih tinggi pada gitar. Sementara pemula cenderung memusatkan upaya mereka lebih dekat ke headstock gitar, pemain yang lebih terampil menggunakan seluruh fretboard.

Gitar Akustik Kelas Atas dan Barang Kolektor

Di atas titik harga tersebut, orang menemukan gitar buatan pengrajin di mana kayunya dipilih dengan cermat, berumur, diawetkan, dan dikerjakan dengan tangan. Perbedaan suaranya halus, tetapi terlihat oleh pemain yang mahir. Perlengkapan visual menjadi lebih canggih, hanya dibatasi oleh keterampilan dan imajinasi luthier.

Di sini juga di mana gitar vintage ditemukan. Gitar akustik sering dianggap menghadirkan suara yang lebih baik seiring bertambahnya usia, sehingga instrumen yang dibuat dengan baik dan berumur sangat dihargai oleh pemain.

Beberapa gitar akustik paling mahal dimiliki, dimainkan, dan/atau ditandatangani oleh artis terkenal. Ini sering dapat dijual di lelang seharga ratusan ribu dolar.

Catatan Akhir

Memilih gitar akustik terbaik untuk pemain tertentu adalah masalah mencocokkan harga dan kualitas yang sesuai dengan keterampilan dan dorongan pemain. Sebuah toko gitar terkemuka harus menawarkan berbagai gitar yang dibuat dengan baik dalam kisaran harga yang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *